PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Salah satu fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 1,81955321 sedangkan taraf signifikan 5% adalah 3,28. Karena nilai hal ini berarti Ho diterima. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% Sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain yang ada kalanya berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita, minat sedangkan faktor eksternalnya berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.Kata kunci: Persepsi, ketersediaan, pemanfaatan, fasilitas, laboratorium, motivasi belajar