PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERCERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MA HIDAYATUL MUBTADI’IN

Abstract

Proses pembelajaran biologi diharapankan mampu memenuhi peraturan pemerintah yang tertuang dalam “Standar Nasional Pendidikan” (SNP) serta mampu mencapai “Standar Kompetensi Lulusan” (SKL). Cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan proses pembelajaran sesuai peraturan yang berlaku adalah menggunakan media ular tangga bercerita materi ekosistem yang diharaoakn mampu meningkatkan kemamouan berpikir kritis dan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisik, tingkat kelayakan, dan efektivitas dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara tidak terstruktrur, angket, dan tes soal uraian kemampun berpikir kritis. Sampel ujicoba produk skala besar produk ini diujikan secara kuasi eksperimen yakni pada kelas X MIA 1 (eksperimen) dan  X MIA 2 (kontrol). Spesifikasi media yang dikembangkan diantaranya: papan ular tangga bercerita, kartu soal, kartu kunci, petunjuk permainan, buku pegangan, dan kotak penyimpanan. Media dilengkapi penanaman nilai karakter serta pertanyaan yang memicu kemampuan berpikir kritis. Hasil kelayakan produk dari ahli materi, ahli media, dan praktisi menunjukkan produk tergolong dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil respon siswa juga menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat menarik. Keefektivan media pembelajaran ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter diperoleh rata-rata kelas ekperimen 74.2 sedangkan rata-rata kelas kontrol 66.07 dengan nilai thitung= 3.891 dan ttabel=2.0154, sehingga thitung > ttabel dan Ha diterima dan Ho di tolak, disimpulkan terdapat perbedaan hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Uji N-gain didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol 35.32 yang berarti sedang dan nilai rata-rata kelas eksperimen 43.48 yang berarti sedang, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem MA Hidayatul Mubtadi’in