STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN

Abstract

Kualitas  pendidikan  ditentukan salah satunya oleh budaya gemar membaca buku, ketika dikelas, di perpustakaan maupun di rumah. Sekolah yang memiliki perpustakaan tentunya harus dirirngi ketersedian koleksi buku materi dan buku  penunjang lainya. Dengan demikian Semua yang ada di perpustakaan   tentu saja  untuk digunakan oleh siswa terutama buku untuk dibaca. Sementara guru menggunakan perpustakaan sebagai daya dukung  pada pembelajaran, dalam hal ini sebagai sumber media  dan di ekploitasi guna  memeperkaya   ilmu pengetahuan siswanya. Dewasa ini banyak sekali siswa yang enggan mengunjungi perpustakaan sekolah untuk memanfaatkan sebagai sumber belajar. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya strategi dalam pengelolaannya, dengan demikian keberadaan perpustakaan sekolah pemanfaatannya belum optimal. Terlebih lagi  pegawai perpustakaan (pustakawan) belum memiliki standar  kualifikasi yang ditentukan,yang memungkinan dalam pengelolaannya  masih belum menguasai strategi langkah – langkah pemanfaatan perpustakaan. Karena peran perpustakaan  sangatlah vital, maka dari itu melalui “strategi memanfaatkan perpustakaan sebagai media” diharapkan semua  steakholder pendidikan   mampu memberdayakan perpustakaan secara maksimal, untuk mendukung peningkatan kualitas peserta didik.