STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Kualitas pendidikan ditentukan salah satunya oleh budaya gemar membaca buku, ketika dikelas, di perpustakaan maupun di rumah. Sekolah yang memiliki perpustakaan tentunya harus dirirngi ketersedian koleksi buku materi dan buku penunjang lainya. Dengan demikian Semua yang ada di perpustakaan tentu saja untuk digunakan oleh siswa terutama buku untuk dibaca. Sementara guru menggunakan perpustakaan sebagai daya dukung pada pembelajaran, dalam hal ini sebagai sumber media dan di ekploitasi guna memeperkaya ilmu pengetahuan siswanya. Dewasa ini banyak sekali siswa yang enggan mengunjungi perpustakaan sekolah untuk memanfaatkan sebagai sumber belajar. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya strategi dalam pengelolaannya, dengan demikian keberadaan perpustakaan sekolah pemanfaatannya belum optimal. Terlebih lagi pegawai perpustakaan (pustakawan) belum memiliki standar kualifikasi yang ditentukan,yang memungkinan dalam pengelolaannya masih belum menguasai strategi langkah – langkah pemanfaatan perpustakaan. Karena peran perpustakaan sangatlah vital, maka dari itu melalui “strategi memanfaatkan perpustakaan sebagai media” diharapkan semua steakholder pendidikan mampu memberdayakan perpustakaan secara maksimal, untuk mendukung peningkatan kualitas peserta didik.