Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru terhadap Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Melalui Kegiatan Pendampingan di SD Negeri 09 Timpeh Tahun 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan bertujuan untuk peningkatan terhadap kemampuan guru SDN 09 Timpeh dalam menggunakan alat peraga melalui kegiatan pendampingan. Dari hasil observasi awal, diketahui bahwa guru kurang mampu alat peraga pada proses pembelajaran, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap guru untuk memanfaatkan sarana alat peraga pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti mengadakan kegiatan pelatihan terhadap guru SDN 09 Timpeh dalam memanfaatkan alat peraga yang bisa dipergunakan pada proses pembelajaran Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari 2 tahap yaitu siklus I dan siklus 2. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Observasi (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Dengan subjek penelitian yaitu guru SDN 09 Timpeh sebanyak 6 orang guru kelas. Pada siklus I nilai rata-rata dari keseluruhan indikator memperoleh 70,83 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,16. Jadi, terjadi peningkatan 23,33 dari siklus I. Dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan tersebut terlihat bahwa meningkatnya kemampuan guru dalam membuat alat peraga sesudah diterapkan kegiatan pendampingan.