Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Subtema Rukun Dalam Perbedaan Dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning di SDN 09 Timpeh Tahun Pelajaran 2020/2021

Abstract

Penggunaan metode problem based learning diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhn, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep perubahan benda yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan Hasil Belajar belajar sisiwa kelas VI dengan diterapkannya metode problem based learning? (b) Bagaimanakah pengaruh metode demostrasi terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan Hasil Belajar belajar siswa setelah diterapkannya metode problem based learning. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 09 Timpeh. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Hasil Belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (40%), siklus II (75%), siklus II (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada subtema rukun dalam perbedaan.