PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH/PLASTISIN UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA CERDAS DESA RUNGGU KECAMATAN BELO

Abstract

Penggunaan Media Playdough/Plastisin Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bina Cerdas Desa Runggu Kecamatan Belo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreatifi tas anak usia 4-5 Tahun yang belum berkembang secara optimal di Pendidikan Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Bina Cerdas Desa Runggu Kecamatan Belo yang berjumlah 35 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refl eksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kretivitas dengan menggunakan media playdough pada Anak Usia Dini; Memberikan semangat, Memberikan pujian-pujian, Memicu anak untuk berinspirasi. Mendukung bakat anak dan mengikut sertakan dalam lomba sesuai bakat anak, agar anak tetap percaya diri, aktif dan berani tampil. Manfaat palydough sebagai upaya meningkatkan kreatifi tas anak. Hasil Penelitian dapat diuraikan bahwa faktor penghambat dalam mengembangkan kreativitas pada anak adalah sebagai berikut; Anak terlalu di paksa untuk terus latihan sehingga anak tersebut bosan, Ibu terlalu memaksa anak mendapatkan juara sehingga anak merasa terlalu tertekan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa melalui media playdough/plastisin sangat efektif untuk mengembangkan kreatifi tas anak.