UPAYA GURU DALAM PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI (AUD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BINATANG KELOMPOK B DI TK MA’ARUF DESA LANCI JAYA KEC. MANGGELEWA KAB. DOMPU

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalag tentang upaya guru dalam pengenalan membaca permulaan anak usia dini (AUD) dengan menggunakan media gambar binatang kelompok B di TK Ma’aruf Desa Lanci Jaya Kec. Manggelewa Kab. Bima. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru serta kendala dalam pengenalan membaca permulaan anak usia dini (AUD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Adapun hasil penelitian ini, bahwa; (1) Upaya Guru Dalam Pengenalan Membaca Permulaan Anak Usia Dini (AUD) di TK Ma’aruf Desa Lanci Jaya Kab. Dompu yaitu; (a) dilakukan dengan menggunakan media gambar binatang, seperti kuda, sapi, kerbau, harimau, laba-laba dan kucing, (b) Menggunakan media Kartu Kata Bergambar, (2) Kendala yang dihadapi oleh Guru Dalam Pengenalan Membaca Permulaan Anak Usia Dini (AUD) di TK Ma;aruf Desa Lanci Jaya Kab. Dompu,antara lain; (a) Ketidakmampuan anak usia dini dalam mengenal huruf alfabetis, (b) Masih banyak anak yang kurang lancar membaca, (c) Karena kurangnya kesadaran atau peran orang tua dalam pengenalan membaca permulaan sejak dalam lingkungan keluarg