STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA UKM EKONOMI KREATIF SARUNG NGGOLI BIMA DESA TAWALI KECAMATAN WERA KABUPATEN BIMA

Abstract

Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan strategi ekonomi lokal untuk meningkatkan daya saing UMKM berbasis ekonomi kreatif Sarung Nggoli di desa Tawali Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan data primer dan skunder yang didapatmelalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis datanya melalui pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menujukkkan bahwa pengembangan strategi ekonomi lokal dalam meningkatkatkan daya saing adalah: pertama, dengan cara memilih bahan baku berkualitas dan mudah didapatkan serta inovasi terhadap motif yang bervariasi sesuai dengan trend kekinian. Kedua, teknik pemasaran yaitu dengan melakukan promosi penjualan secara langsung maupun publikasi, pemasaran informasi pasar, dan pembangunan jaringan pemasaran. Pameran dan event mendorong peningkatan kualitas penjualan yaitu pembaharuan aset. Upaya strategi peningkatan daya saing melalui publikasi, mass selling dan personal selling telah mampu meningkatkan daya saing usaha mikro, dibuktikan dengan meningkatnya omzet dan aset pelaku usaha mikro kerajinan Sarung Nggoli