KONSEP DAN IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN

Abstract

Objek dari tulisan ini adalah menggali tentang konsep yang berkaitan dengan gaya Kepemimpinan Transformasional dan implementasinya pada Institusi Pendidikan Islam. Metode penulisan berdasarkan analisa permasalahan dari berbagai Instutisi Pendidikan Islam selanjutnya dikaitkan teori-teori terkait. Konsep dasar Gaya Kepemimpinan Transformasional adalah suatu cara untuk mempengaruhi orang lain agar mereka berkeinginan untuk mengikuti dengan cara menggali potensi insani yang dimiliki oleh orang yang dipengaruhi. Dengan demikian, setiap anggota yang bekerja tidak hanya menunjukan kinerja sesuai perintah namun mereka menjadi leader atau pemimpin pada sub yang mereka geluti. Sementara itu, Institusi Pendidikan Islam memiliki persoalan mendasar terkait manajemen dan kepemimpinan yang semakin tertinggal. Oleh sebab demikian, penulis mencoba menganalisa persoalan secara teoritik, bagaimana Gaya Kepemimpinan Transformasional memeiliki andil dan peran dalamĀ  mengatasi persoalan berdasarkan empat dimensi yaitu; (a) idealisasi pengaruh, (b) motivasi inspirasional, (c) stimulasi intelektual dan, (d) konsiderasi individual. Hasil analisa dari tulisan ini menunjukan bahwa persoalan Kepemimpinan pada Institusi Pendidikan Islam bisa diatasi dengan cara mengimplemntasi Gaya Kepemimpinan Transformasional. Selanjutnya penulis berharap ada pengkajian yang lebih mendalam oleh penulis-penulis lain tentang objek yang sama dengan mengambil salah satu dari empat dimensi Gaya Kepemimpinan Transformasional.