PENDEKATAN HISTORIS DALAM PENGKAJIAN PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Sejarah tidak bisa lepas dari serangkaian peristiwa yang telah dibatasi oleh ruang dan waktu dimana peristiwa itu terbentuk dan terjadi. Banyak kalangan mengatakan bahwa sejarah adalah sesuatu yang statis yang tidak mungkin “didaur” ulang berdasarkan konteks zamannya. Seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia dengan potensi rasa ingin tahu yang besar telah mempengaruhi perspektif orang tentang sejarah yang tadinya menilai bahwa sejarah hanya peristiwa statis,kaku bahkan tidak memiliki kontribusi apapun untuk kemajuan kajian ilmu pengetahuan, namun pandangan tersebut dengan sendirinya hilang diterpa oleh rahim pergulatan kajian Islam, dimana sejarah selalu dinamis, seiring “alur denyut nadi” perkembangan peradaban manusia. Tulisan ini menggunakan metode heuristik dengan menggunakan analisis kritis yang bersumber pada buku-buku primer. Dengan metode heuristik sebagai alat analisis untuk membedah kekhasan masa lalu itu dapat diinterpretasikan karena dipandang memberikan pengaruh unik pada masa kini dan masa mendatang.  Dalam konteks inilah upaya untuk mempertautkan relevansi pendidikan Islam sebagai bidang kehidupan yang mengalami tantangan. Tantangan tersebut dikaji dalam berbagai sudut pandang, termasuk di dalamnya mengkaji pendidikan Islam dalam perspektif historis. Pada titik inilah dinamisasi pendidikan Islam bisa bermakna untuk mengembangan ilmu pengetahuan.