MENJADI PENDIDIK YANG BERMUTU

Abstract

Pendidik atau biasa disebut dengan guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam dunia pendidikan yang harus mendapatkan perhatian khusus dalam peningkatan kualitas atau mutunya, karena bagaimana dapat menghasilkan peserta didik yang bermutu jika pendidiknya tidak bermutu. Hal tersebut juga dikarenakan pendidik (guru) adalah orang pertama yang selalu mendapatkan sorotan dari masyarakat. Ketika terjadi terjadi berbagai hal tentang peserta didik, baik peserta didik tersebut berkelakuan baik terlebih lagi berkelakuan buruk, maka gurunya lah yang pertama kali menjadi sorotan, lebih-lebih guru Agama. Meskipun upaya meningkatkan kualitas guru baik ditingkat institusi (lembaga pendidikan) maupun secara umum selalu dilakukan mulai dari pelaksanaan pendidikan dan pelatihan guru, pemberian tunjangan yang langsung dianggarkan dari APBN, kenaikan gaji guru terutama PNS, sampai pada program sertifikasi guru, kenyataannya ini belum bisa memberikan bukti nyata perubahan dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan dan pelatihan guru menguap bagai air, tunjangan dan kenaikan gaji bagai karpet terbang yang membawa mereka keawan, dan sertifikasi merupakan pesawat ulang alik yang membawa mereka ke luar angkasa yang bebas bergerak tanpa perlu berpijak. Perbaikan fasilitas yang diberikan pemerintah tidak mengubah keadaan pendidikan di Indonesia. Hanya sedikit tenaga pendidik yang memang menjadikan perbaikan fasilitas tersebut sebagai alat untuk mengadakan perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, tetapi persentasinya sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah pendidik dan siswa sekolah yang ada di Indonesia.