KONSEP METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI

Abstract

Metode pembelajaran Halaqah termasuk instrumen pembelajaran yang cukup ideal dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran PAI. Secara teknis, metode Halaqah akan menjadi instrumen pengendali interaksi kegiatan pembelajaran seorang peserta didik dengan para guru/Kiyai. Metode pembelajaran Halaqah ini lebih menitiberatkan kepada kemampuan perseorangan dalam menganalisa dan memecahkan suatu masalah dengan argumen logika pada kitab-kitab tertentu. Seorang guru/Kiyai hanya tampil dalam memimpin jalannya kegiatan proses pembelajaran biasanya menggunakan kitab/buku untuk dipahami oleh peserta didik, menguraikan nama judul sekaligus penulis kitabnya, menjelaskan pentingnya isi kitab yang akan dipelajari. Dengan demikian, muatan konsep metode pembelajaran Halaqah umumnya menekanan para peserta didik untuk meningkatan cara berfikir kritis dan menkonstruksi pengetahuan dalam dirinya yang secara terbimbing para guru/kiyai bertindak sebagai fasilitator dalam setiap interaksi pembelajaran dilingkup satuan pendidikan.