POLA PEMBINAAN AKHLAK DAN PENGEMBANGAN LIFE SKILLS DI SMK MUHAMMADIYAH I WATES

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pola pembinaan akhlak dan kecakapan hidup siswa, (2) peran kepala sekolah dan guru dalam membina akhlak dan kecakapan hidup siswa, (3) hasil pembinaan akhlak dan kecakapan hidup yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa,dan (4) pengaruh lingkungan eksternal terhadap kualitas akhlak siswa di SMK Muhammadiyah I Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru/wali kelas, dan siswa. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara menjelaskan temuan data yang mengarah pada pemecahan masalah dan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Pola pembinaan akhlak dan kecakapan hidup yang dilakukan oleh sekolah melalui pembinaan secara terpadu yaitu keterpaduan sistem intrakurikuler dan ekstrakurikuler, kurikulum mengacu pada kurikulum nasional dan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta. (2) Peran guru dalam pembinaan akhlak dan pengembangan kecakapan hidup dengan pendekatan keteladanan, inkulkasi nilai, fasilitasi nilai, pengembangan keterampilan personal dan sosial. (3) Hasil pembinaan telah meningkatkan sikap dan perilaku siswa lebih baik dari sebelumnya. (4) Lingkungan eksternal seperti keluarga, masyarakat di sekitar tempat tinggal, teman bergaul,dan media masa, dapat mempengaruhi siswa yang dapat bersifat positif atau negatif tergantung dari siswa masing-masing.