PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSRD) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2013-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari karakteristik perusahaan yang dengan variabel ukuran perusahaan (size), leverage, profitabilitas, dan umur listing perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan dan laporan keberlanjutan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan dan sampel penelitian sejumlah 9 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size), leverage, profitabilitas, dan umur listing perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Berdasarkan hasil uji parsial yang dilakukan, leverage menunjukkan pengaruh positif secara signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Sedangkan variabel ukuran perusahaan (size), profitabilitas, dan umur listing perusahaan tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD).