URGENSI NILAI DAN MORAL SEBAGAI SUBTEORITIS PEMBELAJARAN PKn DI SD

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan baik dari tingkat SD maupun perguruan tinggi sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3 menyatakan bahwa pedidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini pun tertuang dalam alinea ke empat di Pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu penekanan pengetahuan agar generasi mampu berilmu baik itu terlihat dari cara berpikir maupun dari perbuatan, dan PKn menjadi mata pelajaran yang memiliki pesan-pesan nilai dan moral yang terkandung didalamnya salah satunya adalah pada mata pelajaran pembelajaran PKn di SD. Untuk mewujudkan yang diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945 di alinea ke empat maka perlu bantuan dari oknum yang akan mentarasnferkan pengetahuan tersebut dengan menjadi teladan bagi peserta didiknya yaitu seorang guru. Melalui seorang guru ini kemudian yang harus dilihat bagaimana dalam mengkristalisasikan nilai dan moral sebagai karakteristik pembelajaran PKn di SD dan ketika hal itu mampu dilaksanakan disitulah akan terlihat bahwa dalam pembelajaran PKn hadir untuk menanamkan nilai dan moral bagi generasi bangsa.