PENGEMBANGAN MATERI SAINS SD/MI DENGAN PENGGUNAAN MODUL DALAM PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Abstract

Dalam artikel ini menjelaskan bahwa pembelajaran Sains menuntut siswa tidak hanya sekedar menghafal fakta tetapi juga pengaplikasiannya dalam kehidupan nyata. Pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak, anak dituntut untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan termasuk pada kegiatan sehari-hari anak sehingga pembelajaran tersebut menjadi lebih bermakna. tercapainya tujuan pembalajaran sains di sekolah dasar, salah satunya menggunakan pendekatan pembelajaran dan bahan ajar yang tepat. Salah satu pendekatan yang sesuai yaitu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)dan modul yang kami gunakan sebagai bahan ajar. Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.