PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al QURAN SISWA KELAS III DI SDN 69 KABANTA KOTA BIMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDN 69 Kabanta Kota Bima. (2) Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDN 69 Kabanta Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case studi. Lokasi penelitiannya di SDN 69 Kabanta Kota Bima dengan subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan bapak/ibu guru PAI. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan : Dalam perannya guru PAI yang sudah diterapkan yaitu guru sebagai edukator, guru sebagai motivator dan guru sebagai tauladan dalam melaksanaan pembelajaran Al-Qur’an sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan. Metode penyampaian yang digunakan adalah metode Klasikal Baca Simak, metode penyampaian ini mempunyai kelebihan dalam penyampaian materi. Kelebihan tersebut terletak pada realisasi untuk mewujudkan peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Pertama, guru yang bermutu, artinya untuk menjadi guru Qur’an harus memenuhi standar dalam mengajar. Kedua, memeliki sarana pembelajaran yang memadai, hal tersebut sangat berpengaruh pada peran guru untuk memudahkan dalam mengajar.