ANALISIS PEMBELAJARAN PKN SD/MI DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK

Abstract

Tantangan terbesar bangsa saat ini adalah menciptakan sumber daya manusia yang handal, berkualitas, dan memadai baik secara kuantitatif maupun kualitatif sebagai modal utama pembangunan bangsa dan Negara. Mata pelajaran PKN di SD/MI adalah mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik. Mata pelajaran ini membahas banyak hal diantaranya pelaksanan pembelajaran PKN, arah dan tujuan pembelajaran, pembelajaran PKN, ruang lingkup pembelajaran PKN, model pembelajaran PKN dan media pembelajaran PKN di SD/MI dengan menggunakan pendekatan saintifk yakni kegiatan pembelajaran dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkumunikasikan agar peserta didik dapat mengkonstruk pengetahuannya. Didalam pelaksanaannya siswa berperan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hal ini dapat mempermudah proses tranformasi pengetahuan dan nilai yang menjadi tujuan dalam pembelajaran PKN di SD/MI. Outup dari penarapan ini adalah peserta didik tidak hanya menguasai konsep Pendidikan Kewarganeraan, tetapi siswa harus mampu mengaktualisasikan pengetahuan yang didapatkan pada saat proses pembelajaran dalam kehidupannya sehari-hari sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).