PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU TULISAN
Abstract
Mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meniru pada anak usia dini, merupakan tujuan dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini, melalui riset langsung dengan sampel kelompok B di PAUD Ar-Rohman Jakarta Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode meniru tulisan, teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dalam 3 hari penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama yaitu pertemuan. Teknik analisis komparatif untuk membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya yaitu dengan persentase keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan 5% tiap siklus yaitu akhir hasil terdapat 37 peserta didik mengalami peningkatan menulis yang cukup signifikan, dibandingkan pada observasi awal hanya 17 peserta didik dari 40 yang mampu menulis. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan melalui kegiatan meniru tulisan. Ini dapat dilihat dari persentase hasil observasi kemampuan motorik halus anak.