TRANSFORMASI PENDIDIKAN PROFETIK SEBEGAI PERWUJUDAN PILAR PENDIDIKAN NASIONAL DI MADRASAH

Abstract

Dalam artikel ini akan membahas secara teoritis dan praktis tentang transformasi pendidikan profetik sebagai perwujudan pilar pendidikan nasional di madrasah. Transformasi pendidikan profetik harus mengacu pada pendidikan yang berorientasi pada pananaman nilai-nilai kebangsasaan, dengan mempertimbangkan warisan pendidikan masa lalu, masa kini serta kemampuannya mengantisipasi tantangan perkembangan zaman. Sekarang ini bangsa dan pemerintah Indonesia semakin menyadari dan menyesali, bahwa bahwa aspek pilar pendidikan nasional telah terabaikan sehingga kalah bersaing dengan nagera-negara lain.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitan kepustakaan (Library Research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang digali melalui beragam informasi kepustakaan seperti buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, penelitian terdahulu dan dokumen. Adapun pembehasan dalam tulisan ini, Penerapan pendidikan profetik di madrasah bertujuan untuk mengarahkan peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan Rasulullah SAW yakni humanisasi, liberasi dan transendensi. Selain itu, Dalam konteks pendidikan secara formal pendidikan profetik dapat diterapkan untuk mewujudkan pilar pendidikan nasional melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah. Belajar menggunakan pendekatan pilar pendidikan, murid akan termotivasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan berpikir yang logis dan sistematis, sehingga suasana proses belajar mengajar menjadi kondusif, komunikatif dan tercipta hubungan harmonis antara guru dan peserta didik.