KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 MELALUI METODE WAHDAH PADA SISWA KELAS VI SDN 35 NUNGGA KOTA BIMA

Abstract

Penelitian ini terfokus pada kreativitas guru PAI dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa pada juz 30 melalui metode wahdah di SDN 35 Nungga Kota Bima. Metode wahdah adalah merupakan metode menghafal Al-Qur‟an dengan cara satu persatu terhadap ayat yang hendak dihafalnya secara berulang-ulang. Tidak sedikit dari siswa yang mengeluhkan tentang sulitnya menghafal Al-Qur‟an, itu disebabkan banyaknya siswa yang belum mengetahui tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam menghafal al-Qur‟an. Untuk menjawab persoalan tersebut maka metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yakni menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik data melalui observasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SDN 35 Nunggi Kota Bima telah menerapkan menerapkan metode wahdah dalam meningkatkan hafalannya siswa . sehingga dapat disimpulkan setelah guru menerapkan metode wahdah dalam menghafal Al-Qur’an maka siswa mampu menyelesaikan hafalannya dengan waktu yang relatif singkat dan standar.