IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MIN 1 KOTA BIMA
Abstract
MIN 1 Kota Bima merupakan sekolah dasar (madrasah) berbasis Islam yang menerapkan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Proses pembelajaran menggunakan paradigma baru yaitu pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Paradigma baru ini mengarahkan peserta didik untuk memposisikan diri sebagai subyek pembelajaran, sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mata pelajaran fiqih selama ini diajarkan dengan cara menuntut siswa menghafal, sehingga hal ini sudah tidak kontektual lagi zamannya. Pola ini juga membuat kesan bahwa guru memposisikan siswa sebagai obyek pembelajaran yang harus selalu diisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek Kurikulum dan guru mata pelajaran fiqih. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk mata pelajaran fiqih siswa kelas VI di MIN 1 Kota Bima menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa, menekankan pada proses pembelajaran yang berangkat dari dalam diri siswa sendiri. Maksudnya bahwa yang mengkonstruksi pengetahuan adalah siswa sendiri, bukan guru yang mentransfer pengetahuan kepada siswa. Guru disini hanya bertugas sebagai fasilitator dan dinamisator. Kegiatan pembelajarannya menuntut siswa aktif sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran bermakna.