IMPLIKASI MATERI BAHASA INDONESIA DALAM BUKU TEMATIK TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SISWA SD/MI KELAS IV

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 sangat berdampak secara signifikan pada proses pembelajar yang terdapat pada tiap-tiap sekolah khususnya pada tingkat SD/MI. Hal ini mengharuskan pihakpihak yang terkait secara langsung dalam proses pembelajaran dalam ini adalah guru untuk memahami orientasi pada kurikulum 2013, sehingga dapat diaktualisasikan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuannya. Dalam pembelajaran buku tematik kelas IV SD/MI terdapat beberapa disiplin ilmu pengetahuan yakni, Pendidikan Agama Islam, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBDB, PJOK. Agar siswa lebih memahami tentang materimateri yang diajarkan oleh guru diatas, maka seorang pendidik (guru) pada proses pembelajaran dalam buku tematik harus melibatkan siswa secara langsung dengan materi-materi dan lingkungan sekitarnya secara kontekstual, supaya siswa lebih aktif dan kreatif. Adapun materi bahasa indonesia dalam buku tematik SD/MI kelas IV tidak dibahas secara lugas dan jelas seperti yang terdapat dalam buku ajar KTSP, sehingga berdampak pada perkembangan pengetahuan siswa yakni siswa tidak memiliki pengetahuan tentang penulisan huruf besar dan huruf kecil, kalimat baku dan kalimat tidak baku, menulis ide pokok dalam paragraf, tanda petik, cara membaca simbol atau lambang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pihak sekolah mewajibkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran tambahan atau les, supaya siswa memperoleh pengetahuan serta pemahaman tentang materi-materi bahasa indonesia yang tidak ada dalam buku tematik.