STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK PADA PELAJARAN IPA MELALUI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN DORIDUNGGA KECAMATAN DONGGO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya menerapkan metode yang digunakan yaitu metode Mind Mapping sebagai alat bantu untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak pada saat proses pembelajaran yang sedang berlangsung guna mengatasi dari siswa yang berkesulitan konsentrasi belajarnya. Merujuk pada masalah yang terjadi pada siswa, sebagian siswa tidak serius dan tidak fokus apa yang dijelaskan oleh guru selama proses pembelajaran yang berlangsung, sulit diatur, menguap didalam kelas, menganggu teman – teman sebangkunya. Adapun Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas, Peneliti melakukan penelitian di SDN Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang digunakan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa, dan pedoman observasi yang digunakan untuk mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan melalui metode Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Mind Mapping dapat cocok diterapkan di SDN Doridunnga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima guna meningkatkan konsentrasi Belajar anak pada pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Doridungga Kecamatan Donggo.