ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL ANAK SD/MI
Abstract
Tulisan artikel ini bertujuan untuk meninjau perkembangan moral anak SD/MI. Pada sikap dan perilaku moral tersirat nilai-nilai yang dianut berkaitan dengan sesuatu yang dikatakan benar, patut dan seharusnya terjadi. Ada nilai-nilai yang perlu dipertahankan, ada yang diasimilasikan kearah kemajuan atau perubahan progresif, tetapi ada juga yang berubah atau bergeser karena berbagai factor yang mempengaruhinya. Perkembangan moral berkaitan dengan atauran dan konvensi tentang apa yang harus dilakukan anak dalam interaksi dengan orang lain. Pada saat anak telah memasuki sekolah dasar, anak-anak serius mulai mengekspresikan ide lebih obyektif keadilan. Oleh karena itu, perkembangan moral anak SD/MI harus diperhatikan, bahwa dalam proses pembelajaran di pendidikan moral sekolah diberikan kepada siswa disesuaikan dengan perkembangan mereka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitan kepustakaan (Library Research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang digali melalui beragam informasi kepustakaan seperti buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, penelitian terdahulu dan dokumen.