PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL PENINGGALAN SEJARAH MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AND MATCH PADA SISWA KELAS V/A SEMESTER GANJIL MIN 20 ACEH TIMUR

Abstract

Pemahaman materi peningkatan kemampuan mengenal peninggalan sejarah masa hindu, budha dan islam dengan menggunakan model pembelajaran Kooperative Tipe make a match siswa kelas V/A MIN 20 Aceh Timur masih rendah disebabkan teknik pembelajaran konvensional yang digunakan guru. Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make and Match bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas siswa terhadap tipe Make and Match. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pemahaman siswa kelas V/A materi peningkatan kemampuan mengenal peninggalan sejarah masa hindu, budha dan islam setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Make and Match mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14,70% (5 siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 85,29% (29 siswa) sedangkan pada akhir siklus II yang tuntas sebanyak 88,23% (30 siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 11,76% (4 siswa). Nilai rata-rata juga meningkat. Perolehan nilai rata-rata pra siklus 60,73 dan pada akhir siklus II menjadi 75,73. Perolehan nilai rata-rata tersebut telah berada pada rentang 75-84 berdasarkan kriteria penilaian. Dengan kata lain, siswa kelas V/A telah memiliki pemahaman dan hasil belajar yang baik dalam materi peningkatan kemampuan mengenal peninggalan sejarah masa hindu, budha dan islam dengan tipe Make and Match.