Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadi salah satu mata pelajaran yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai dan kebangsaan peserta didik selain juga untuk meningkatkan aspek pengetahuan yang diukur melalui hasil belajar. Namun, banyak peserta didik menganggap pelajaran PPKn tidak menarik dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peranĀ terhadap hasil beajar dan semangat kebangsaan siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-postest one group design. Dalam desain ini, observasi dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pretes dan observasi sesudah eksperimen disebut postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa SMP Karakter, Depok yang dipilih secara purposif sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran bermain peran terhadap hasil siswa dan semangat kebangsaan pada materi Sumpah Pemuda, mata pelajaran PPKn.