Pemahaman Kepatuhan Hukum dan Disiplin terhadap Tata Tertib Sekolah dengan Tanggung Jawab Belajar

Abstract

Tanggung jawab belajar dan disiplin terhadap tata tertib sekolah terlihat memprihatinkan, fakta-fakta yang dapat kita lihat pada diri siswa yang menggambarkan ketidak patuhan siswa Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai: pemahaman   kepatuhan hukum dan disiplin terhadap tata tertib sekolah dengan tanggung jawab belajar siswa kelas IX di SMP Mutiara Depok. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2020, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Mutiara Depok, peneliti hanya mengambil 80,36% dari jumlah populasi sehingga hanya 90 siswa, Instrumen yang digunakan adalah menggunakan butir test dan angket skala perilaku. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy X1 dan X2 bersama-sama dengan Y sebesar 0,9942.  Karena rhitung lebih dari rtabel (0,9942>0,205), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan. Koefisien determinasi sebesar 98,85. Dengan demikian konstribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 98,85%. Tingkat keberartian hubungan kedua variabel dilakukan dengan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung=86,921. Dengan demikian thitung lebih dari ttabel (86,921>1,987). Perbandingan kedua nilai t tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang berarti.