Pemahaman Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila dengan Sikap Demokrasi dan Tanggung Jawab Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai: pemahaman system dan dinamika demokrasi Pancasila dengan sikap demokrasi dan tanggung jawab belajar siswa. Penelitian dilaksanakan mulai  Agustus sd Oktober 2020, metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Populasi  penelitian  adalah siswa SMAN 78 Jakarta 199 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk variabel X1 (pemahaman sistem dan dinamika demokrasi pancasila), sedangkan variabel X2 (sikap demokrasi siswa), dan variabel Y (tanggung jawab belajar siswa) menggunakan angket. Keseluruhan instrument  diuji coba tingkat validitas dan reliabilitasnya pada taraf signifikansi 0,95 atau 0,05%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy X1 dan X2 bersama-sama dengan Y sebesar 0,9851 adapun rtabel sebesar 0,1391. Karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,9851>0,1391), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan. Koefisien determinasi sebesar 97,05. Dengan demikian konstribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 97,05%. Tingkat keberartian hubungan kedua variabel dilakukan dengan uji-F. Dari hasil perhitungan doperoleh Fhitung sebesar 3226,158 Taraf signifikansi 0,05 dengan dk=199 dan Ftabel sebesar 3,042 Dengan demikian Fhitung lebih besar dari Ftabel (3226,158>3,042). Perbandingan kedua nilai thitung tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang berarti.