Pola Komunikasi Politik Partai Keadilan Sejahtera pada Kampanye Pemilu 2004 di Wilayah Jakarta Timur
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh DPD PKS Jakarta Timur yang berhasil memperoleh suara terbanyak di daerah Jakarta Timur. Penelitian ini menarik diteliti sebab partai ini memiliki perbedaan dengan partai lain. Bila Sebagian besar partai-partai lain menjual tokoh terkenal tingkat nasional untuk menarik dukungan masyarakat, maka PK Sejahtera lebih menjual program-program partai dan isu-isu populis. Dalam memperkenalkan ke masyarakat DPD PKS Jakarta Timur mengunakan komunikasi politik yang baik. Dari latar belakang tersebut penelitian ini ingin mengetahui bagaiman proses komunikasi politik, siapa saja yang berperan, bagaimana pesan-pesan yang disampaikan, serta bagaimana saluran dan media komunikasi yang digunakan dalam kampanye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Metode pengumpulan data primer menggunakan wawancara mendalam terhadap infroman-informan kunci sebanyak 6 orang dan data-data sekunder. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang diguanakan DPD PKS Jakarta Timur pada kampanye 2004 adalah komunikasi massa, komunikasi interpersonal. Proses komunikasi dilakukan oleh komunikator politik terdiri dari caleg, elit partai, aktivis partai dan tokoh masyarakat. Pesan utama yang disampaikan adalah “bersih” dan “lebih peduli”. Media yang dipakai adalah media elektronik dan media cetak.