PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pendidikan agama Islam terhadap akhlak peserta didik di MTs Al-Mansyur Hujungtiwu Kecamatan Panjalu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 142 responden dan sampel sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Mansyur Hujungtiwu Kecamatan Panjalu sudah dijalankan dengan baik dibuktikan perolehan nilai sebesar 67,3 dengan kriteria baik. Akhlak Peserta Didik di MTs Al-Mansyur Hujungtiwu Kecamatan Panjalu pada umumnya sudah baik dibuktikan dengan nilai sebesar 60,87 dengan kriteria termasuk baik. Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik di MTs Al-Mansyur Hujungtiwu Kecamatan Panjalu tergolng tinggi dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,80 dengan klasifikasi tinggi. Besar kontribusi yang diberikan Pendidikan Agama Islam sebesar 64%, dan sisanya sebesar 36%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak peserta didik dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar = 7.659. Sedangkan t tabel = 1,687.