PENGENDALIAN EMOSIONAL ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran yang diterapkan selama pembelajaran daring, dan metode orang tua dalam mengendalikan emosional siswa selama pembelajaran daring. Penelitian dilaksanakan di MTS Bina Santri Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif, berbasis studi kasus. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, model Pembelajaran Berbasis Daring diMTS Yayasan Bina Santri Medan, terwujud dalam langkah-langkah sebagai berikut: Wali kelas bekerjasama dengan orang tua dengan membuat group Whatsapp, hal ini dibuat untuk memudahkan wali kelas dan orang tua dalam berkomunikasi dan bertukar pikiran, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom, google classroom. Pembelajaran juga dilakukan dengan memberikan penugasan kepada siswa. Metode yang dilakukan orang tua dala mengendalikan emosionalnya selama mendampingi anak belajar di rumah, ialah dengan menjalin kerjasama dengan guru, pelibatan guru les untuk membantu menyelesakan penugasan, menjalin kedekatan dan keakraban dengan anak.