POLA INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGENDALIKAN EMOSIONAL SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MTS ISLAMIYAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perilaku emosional siswa sebelum dan saat pembelajaran daring, (2) Pola Interaksi Orang Tua dan Guru dalam Mengendalikan Emosional Siswa dalam pembelajaran secara daring, dan (3) Hambatan yang dihadapi selama penerapan daring dalam mengendalikan emosional siswa selama pandemi, Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Islamiyah Medan, adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi guru dan orangtua dalam mengendalikan emosional siswa sulit terjalin dengan baik karena adanya salah satu peraturan yang mengharuskan social distancing pada saat pandemi seperti ini, hal ini mengakibatkan emosi siswa lebih sulit terkontrol karena kurangnya komunikasi antar guru dan orang tua untuk membahas strategi apa yang diharus diterapkan dalam mengendalikan emosional siswa.