PENGARUH EKSTRAKURIKULER BACA TULIS QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Baca Tulis Quran di Madrasah Diniyah terhadap prestasi pada Mata Pelajaran PAI di SDN 3 Cibeureum Sukamantri Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena proses metode tersebut untuk mengungkapkan dan menganalisis serta memberikan gambaran mengenai fakta-fakta yang akan diteliti. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Hasil uji hipotesis diperoleh, bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Quran dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari harga koefisien korelasi sebesar 0,88 angka tersebut jika di interprestasikan ke dalam interprestasi koefisien korelasi berada antara 0,81100,0 dengan tingkat korelasi cukup. Dan derajat determinasi hubungan sebesar 77% dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh daftar dalam daftar thitung 4,465. Sedangkan ttabel diperoleh 1,734. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intesitas kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.