PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi teman sebaya, prestasi belajar dan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan populasi 102 orang. Teman Sebaya diperoleh nilai rata-rata 31,48 angka tersebut berada pada klasifikasi sangat baik. Prestasi belajar diperoleh rata-rata 71,12 berada pada klasifikasi sangat baik. Harga rs sebesar 0,98 berada pada klasifikasi sangat tinggi. Derajat determinasi antara variabel (X) dengan variabel (Y) adalah 96,04 % menunjukan bahwa peningkatan prestasi belajar sebesar 96,04 % ditentukan oleh teman sebaya. Hasil perhitungan ternyata sebesar 26,51 sedangkan berdasarkan taraf signifikasi α = 0,15 diperoleh dalam daftar t (0,85). (29) = 24,65. Dengan 26,51 ≥ 24,65 sehingga diterima dan ditolak. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan prestasi belajar sebesar 96,04% ditentukan oleh teman sebaya, sisanya sebesar 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain.