Pengembangan Buku Panduan Outbound IPA SMP/MTS Dengan Guided Note Taking

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan produk buku panduan outbound IPA SMP/MTs dengan Guided Note Taking berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik IPA SMP/MTs, dan instruktur outbound. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penilaian produk meliputi 8 aspek penilaian dengan 22 kriteria menggunakan instrumen lembar skala 5. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku panduan outbound. Karakteristik produk buku panduan outbound IPA bidang kajian materi dan sifatnya yang dikembangkan diberi judul “outbound Sains? Ayo!” yang terdiri dari 15 permainan dengan terbagi menjadi 5 pos, setiap pos terdiri kompetensi dasar, alokasi waktu, peralatan, tujuan outbound, guided note taking dalam bentuk cerita pendek, instruksi dan makna permainan. Hasil penelitian dan pengembangan buku panduan outbound IPA berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 49 dan persentase keidealan 81,67%, ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase keidealan sebesar 92%, pendidik IPA SMP/MTs menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dan persentase keidealan sebesar 92% dan instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 53 dan persentase keidealan sebesar 76%.