Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Materi Sifat Koligatif Larutan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan modul kimia yang mengaitkan kimia dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menguji kualitas dan keterlaksanaan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi sifat koligatif larutan. Pengembangan ini menggunakan model 4-D (tanpa disseminate) yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, 3 Peer Review, 3 guru kimia, dan 10 peserta. Uji keterlaksanaan diamati oleh 3 observer dan direspon oleh 30 peserta didik. Proses pengambilan data kualitas modul dengan menggunakan angket dan uji keterlaksanaan dengan menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli instrumen. Data yang diperoleh dianalisis guna mengetahui kualitas modul kimia dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kualitas yang diperoleh dari ahli media 86,84% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli materi 82,14% kategori Sangat Baik (SB), guru kimia 83,33% kategori Sangat Baik (SB), dan peserta didik 87,5% kategori Sangat Baik (SB). Uji keterlaksanaan memperoleh persentase rata-rata 90,3% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan direspon positif oleh peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 91,25%.