Pengembangan Android Mobile Learning “Puzzle Of Chemistry” Berbasis Contextual Learning Pada Materi Asam Basa

Abstract

Materi kimia SMA/MA lebih banyak diwarnai dengan materi konseptual teoretik keilmuan kimia dibandingkan dengan aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran kimia yang memuat contextual learning pada materi asam basa cocok untuk menjadi solusi dari hal tersebut, namun media pembelajaran yang dikembangkan tentunya harus memerhatikan ketertarikan siswa dan kemajuan perkembangan zaman saat ini sehingga perlu dikembangkan media yang interaktif dan mudah diakses oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang memuat contextual learning pada materi asam basa dalam bentuk game android interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan metode 4-D. sebelum produk dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh siswa kelas XI MIA, produk yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Produk yang dinilaikan dengan menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penlitian yang diperoleh bahwa media game android puzzle of chemistry berbasis contextual learning pada materi asam basa memiliki karakteristik game yang memuat contextual learning. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan ahli media bahwa produk yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori baik, sedangkan respon guru kimia mendapatkkan persentase keidealan sebesar 96,3% termasuk kategor Sangat Baik (SB), dan respon siswa SMA/MA kelas XI MIA memperoleh persentase keidealan sebesar 87% termasuk kategori Sangat Baik (SB).