TINJAUAN KESELAMATAN LALU LINTAS TERHADAP GEOMETRIK JALAN RUAS TORAJA – PALOPO (STUDI KASUS STA. 379+170 – STA. 383+300)

Abstract

Hasil perencanaan geometrik jalan harus memberikan keamanan pada pengendara.Desain tikungan yang baik akan mempertimbangkan kemanan kendaraan terhadap gaya sentrifugal dan tersedianya jarak pandang henti yang cukup untuk mengantisipasi keadaan yang tidak terduga dari lalu lintas atau hal lainnya dari arah yang berlawanan. Penelitian keamanan kendaraan terhadap gaya sentirfugal ini dilakukan dengan meninjau ulang hasil desain tikungan yang telah ada dengan menggunakan rumus hubungan VR, R dan e. Sementara tinjauan keselamatan terhadap jarak pandang pada tikungan dianalisis dengan membandingakan jarak pandang yang ada di lapangan dengan rumus jarak pandang henti.Hasil tinjauan keselamatan lalu lintas terhadap gaya sentrifugal pada tikungan menunjukkan 75,41% tikungan tidak aman karena nilai R yang lebih besar dari Rmin, sementara untuk tinjauan jarakpandang henti terdapat 13,11% tikungan yang tidak menyiapkan jarak pandang yang cukup untuk keamanan.