Penerapan Modifikasi Algoritma Ford-Fulkerson untuk Memaksimumkan Flow Pada Pengiriman Barang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan modifikasi Algoritma Ford-Fulkerson yang berfungsi untuk memaksimumkan flow pada pengiriman barang. Penelitian ini menggunakan modifikasi Algoritma Ford-Fulkerson yang memberikan jaringan baru dengan menambahkan satu titik sumber utama, satu titik tujuan utama pada jaringan baru dan memberi nilai flow awal sebesar nol kemudian membentuk nilai kapasitas pada setiap busur. Selanjutnya memaksimumkan flow menggunakan Algoritma Ford-Fulkerson dengan melakukan pelabelan titik, menggunakan prosedur balik dan mencari lintasan peningkatan sampai semua titik yang terlabel telah teramati dan titik tujuan utama tidak terlabel sehingga iterasi dihentikan. Analisis data pengiriman barang dengan tiga titik sumber dan tiga titik tujuan yang dimisalkan jaringan N dan mencari flow maksimum dengan menggunakan modifikasi Algoritma Ford-Fulkerson menghasilkan jaringan yang termodifikasi yang misalkan jaringan N*. Dari hasil modifikasi tersebut didapatkan flow maksimum sebesar f5 = 32, dan pada jaringan yang dipartisi didapatkan flow maksimum dengan nilai f3= 32.