Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone

Abstract

Akibat dari pandemic covid-19, seluruh kegiatan belajar mengajar dari level TK sampai Perguruan tinggi harus dilaksanakan secara daring (online). Namun pembelajaran daring juga menjadi masalah bagi guru karena dituntut untuk berinovasi dalam pengajaran agar siswa tetap belajar sebagaimana mereka lakukan di sekolah. Dalam hal ini, mitra dalam kegiatan ini yaitu TK Aisyiyah 7 Kalidawir dan KB Aisyiyah 8 Putat mengalami kendala dalam hal pembuatan video pembelajaran sains yang kreatif, inovatif dan menarik berbasis smartphone. Oleh karena itu, diselenggarakan kegiatan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan video pembelajaran sains AUD.  Metode yang digunakan dalam penyampaian inovasi pengetahuan dan keterampilan adalah pengajaran langsung, tanya jawab, dan pemberian proyek. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih 1 bulan. Selain itu, juga dilakukan pendampingan dan evaluasi dengan pemberian angket kepada para peserta workshop. Hasil dari kegiatan ini adalah keterampilan guru-guru dalam membuat video pembelajaran sains untuk AUD berbasis smartphone dengan aplikasi Kinemaster meningkat. Selain itu, 94 % guru-guru sangat setuju bahwa materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan kerja dan metode yang digunakan bersifat interaktif.