Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pembinaan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Riset ini membahas penerapan manajemen berbasis sekolah dalam pembinaan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Parepare. Dalam penyusunannya didasarkan pada penelitian lapangan dengan menggunakan instrument penelitian yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan prosedur pengumpulan data yaitu; penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dari data yang terkumpul, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan, beberapa hal diantaranya: pertama, Alasan praktis yaitu: komponen proses pendidikan (peserta didik, pendidik, alat, kerikulum dan lingkungan). Alasan sosiologis yaitu: tuntutan masyarakat terhadap sekolah sebagai lembaga pendidikan yang harus mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan pada era globalisasi; kedua, faktor pendukung yaitu adanya kerja sama elemen sekolah (terutama kepala sekolah) dengan pihak luar sekolah yakni komite sekolah, faktor penghambat didalam mensukseskan penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Negeri 2 Parepare diantaranya: tidak berminat untuk terlibat, tidak efisien, pikiran kelompok, memerlukan pelatihan, kebingungan atas peran dan tanggung jawab baru, dan kesulitan koordinasi