Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Sistem Pembelajaran Terpadu
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Kualitas belajar di SD Islam Terpadu Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. (2) Sistem pembelajaran terpadu di SD Islam Terpadu Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. (3) Upaya peningkatkan kualitas belajar melalui sistem pembelajaran terpadu di SD Islam Terpadu Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas belajar peserta didik cukup baik. Namun setelah diterapkannya sistem pembelajaran terpadu dengan benar, sesuai dengan langkah-langkah dan pendidik paham bagaimana cara menerapkannya maka kualitas belajar peserta didik sebagian besar meningkat dari sebelumnya baik dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik, dimana pembelajaran dibuat lebih bermakna, kreatif, aktif, dan inovatif serta mampu mengajak peserta didik menemukan konsep-konsep baru dan mampu mengembangkannya. Hanya saja saat ini proses pembelajaran kurang optimal tidak seperti biasanya karena kondisi Covid 19 yang mengakibatkan pembelajaran dilakukan di rumah secara daring kemudian komunikasi dua arah juga tidak berjalan dengan optimal serta penjelasan mengenai materi pembelajaran menjadi lebih singkat. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kualitas belajar pada kelas II di SD Islam Terpadu Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar.