Penerapan Teknik Role Playing untuk meningkatkan Penerimaan diri Siswa Di SMK Negeri 1 Makassar

Abstract

Masalah penelitian adalah penerapan teknik role playing untuk meningkatkan penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar. (2) apakah ada pengaruh penerapan teknik role playing untuk meningkatkan penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui gambaran tentang penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar (2) Untuk mengetahui pengaruh Teknik role playing terhadap tingkat penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar.  Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1. Adapun Sampelnya adalah siswa kelas 1 AK3 sebesar 30 orang ditarik dengan teknik purfosive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif dan t-Tes .Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar sebelum diberi teknik role playing tergolong pada kategori sangat rendah. (2) penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar setelah diberi teknik role playing meningkat dan tergolong sangat tinggi. (3) terdapat pengaruh penerapan teknik role playing untuk meningkatkan penerimaan diri siswa di SMK Negeri 1 Makassar.