Sistem Informasi Claim Produk pada PT Kamadjaja Logistics Samarinda ke PT Unilever

Abstract

Dalam pengiriman barang menggunakan container ataupun truk, sering mengalami kendala rusak ataupun pecah pada muatan barang akibat perjalanan yang berliku maupun bergelombang. Pada PT. Kamadjaja Logistics yang bergelut di dunia jasa pengeiriman barang dan gudang tidak sedikit mengalami kendala rusak atau pecah barang, sehingga barang yang rusak atau pecah harus diclaim kepihak pengirim. Dalam pengklaiman barang yang rusak atau pecah harus memiliki data yang lengkap dan data-data penunjang yang bisa meyakinkan pihak pengirim agar barang yang rusak atau pecah dapat di claim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang diperlukan dalam rangka membangun sistem informasi penyelesaian claim produk Unilever pada PT. Kamadjaja Logistics Samarinda dan untuk memperoleh gambaran sistem yang sedang berjalan dan memastikan bahwa sistem yang akan dibuat jauh lebih baik dan dapat menunjang kinerja. Adapun keguanaan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi penyelesaian claim produk Unilever pada PT. Kamadjaja Logistics Samarinda, dan untuk menyusun sistem basis data sistem informasi penyelesaian claim produk pada PT. Kamadjaja Logistics Samarinda ke PT. Unilever. Dengan adanya sistem informasi penyelesaian claim produk Unilever pada PT. Kamadjaja Logistics Samarinda ini, maka dalamĀ  pembuatan Quality Incident Report menjadi lebih efektif dan efisien dan data-data penunjang terpenuhi sehingga claim dapat terlaksana.