PENDEKATAN METODE DAN TEKNIK DIKLAT BAGI PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Abstract
Masalah yang kerap terjadi di dunia pendidikan kita terletak pada pemilihan metode dan teknik baik itu dalam pelatihan maupun dalam pendidikan formal. Beberapa metode dan teknik seringkali tidak sesuai dengan kondisi psikis peserta didik, hasilnya pendidikan atau pelatihan membuahkan hasil yang kurang maksimal sehingga out put nya tidak bisa langsung masuk dalam dunia praktis. Untuk menciptakan nuansa edukatif yang humanis maka dibutuhkan pengertian dan pemahaman terhadap kondisi psikologis peserta didik. Penelitian ini akan fokus pada metode dan teknik pelatihan dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengungkap teknik mana yang sesuai dengan pelatihan dan pendidikan. Penelitian ini akan fokus pada metode diklat dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode partisipatif andragogik merupakan metode yang tepat dalam diklat, didukung dengan metode ice breaking untuk membuat suasana diklat lebih menyenangkan. Penelitian ini juga menghasilkan metode dan teknik diklat baru yakni TeH-Learning atau pembelajaran berbasis manusia dan teknologi sebagai jawaban atas perkembangan jaman yang ditandai dengan lahirnya era revolusi industri 4.0.