Dinamika Kelompok dalam Pendidikan Perspektif Syaikh Al-Zarnuji

Abstract

Dinamika kelompok dalam dunia pendidikan atau pembelajaran sangat diperlukan, disamping bisa lebih optimalnya mencapai tujuan pendidikan juga bisa menjalin rasa kekeluargaan antar setiap individu peserta didik, dan bisa sharing atau berintraksi antar setiap peserta yang merupakan kebutuhan primer antar setiap individu manusia. manusia merupakan mahluk sosial yang akan terus mengalami perkembangan, perubahan dan pertumbuhan. Proses semacam ini berjalan alamiah sesuai reputasi dan perkembangannya, dengan adanya dinamika kelompok didalam pendidikan atau pembelajaran merupakan sebagian dari sebuah usaha terstruktur, sistematis dan proses percepatan serta pemberian petunjuk atau arah yang lebih optimal dari proses alamiah itu sendiri, yaitu proses mempercepat terjadinya perubahan, perkembangan dan pertumbuhan baik dalam aspek pengatahuan, keterampilan dan sikap serta mencapai tujuan secara bersama-sama. Masing-masingĀ  individu didalam dinamika kelompok diharapkan mempunyai kemampuan yang merata, bisa beradaptasi dan berintraksi, terjalin rasa ketergantungan antar yang satu dengan yang lainnya atau terjalin sebagaimana rasa kekeluargaan. Sedangkan individu atau anggota didalam dinamika kelompok sendiri didalam perspektif Syaikh Al-Zarnuji diklasifikasi kedalam tiga aspek. pertama, manusia atau peserta didik yang sempurna, kedua manusia yang separuh-separuh dan yang ketiga peserta didik yang tidak ada apa-apanya. Dan dinamika kelompok itu sendiri, harus mempunyai sifat lentur atau luwes, dinamis atau tidak statis.