Implementasi Model Direct Interaction dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PAI

Abstract

Implementasi metode diskusi dalam pembelajaran interaksi langsung dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini membahas tentang ketuntasan hasil belajar mahasiswa serta seberapa besar peningkatan hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan sampel satu kelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura pada tingkat kedua. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda serta menggunakan pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya metode diskusi dalam pembelajaran DI dapat menuntaskan hasil belajar mahasiswa, yaitu sebesar 87% mahasiswa sudah mampu menunjukkan hasil belajar yang baik. Disisi lain hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan, adapun besar peningkatan belajar ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,67 atau peningkatan hasil belajar mahasiswa berada pada kategori sedang. Pembelajaran menggunakan metode diskusi ini sangat ampuh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan diskusi baik secara diskusi kelompok mapun diskusi kelas.