Penerapan Model Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII-B SMPN 1 Kokop Bangkalan

Abstract

Berbagai permasalahan model pembelajaran di UPTD SMPN 1 Kokop Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang masih kurang tepat dalam menggunakan model pembelajaran seperti terjadi di kelas VII-B pada mata pelajaran PPKn. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif untuk belajar sehingga prestasi belajarnya rendah. Untuk membangkitkan prestasi siswa diterapkan model kooperatif jigsaw. Peningkatan terjadi, keaktifan maupun prestasi belajar. Siklus I, keaktifan siswa memperoleh nilai “baik”. Siklus II memperoleh nilai “sangat baik”. Sedangkan respon siswa siklus I dicapai dari 25 siswa, 22 memperoleh nilai 80, siklus II 22 peserta didik memperoleh nilai 100. Juga terjadi peningkatan prestasi belajar pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dibuktikan siklus I 60% siswa memenuhi KKM. Siklus II meningkat pesat 90% siswa memenuhi KKM. Berdasarkan hasil siklus I dan II dengan keberhasilan yang signifikan maka tindakan kelas dihentikan.