EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN (SMTK) LANGOWAN

Abstract

Evaluasi program ini bertujuan untuk mengetahui dengan pasti pencapaian hasil, kemajuan, dan kendala dalam penyelenggaraan pendidikan Agama dan Keagamaan. Secara khusus tujuan evaluasi dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Langowan. Selain itu evaluasi program memberikan informasi terhadap penyelenggaraan pendidikan Agama dan Keagamaan agar dapat memperbaiki kesalahan dalam penyelenggaraannya pada tahun-tahun ke depan dan menjadi acuan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan Kristen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan dengan pendekatan penelitian evaluasi program. Hasil penelitian dideskripsikan secara sistematis sesuai dengan fokus penelitian disertai dengan interpretasi peneliti yang merupakan refleksi atas temuan langsung di lapangan dengan mengacu pada kajian ilmiah dan akademis. Model CIPPO (Contex, Input,Process, Product,Output) digunakan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan yang dapat mengukur berbagai komponen efektifitas kesesuaian penyelenggaraan SMTK terhadap kebutuhan peserta didik, karakteristik peserta, kompetensi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, kegiatan pembelajaran serta prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan model CIPPO, obyek evaluasi tidak hanya pada hasil semata tetapi bersifat komprehensif yang mencakup konteks, masukan, proses dan hasil.